• SMAN 1 BRINGIN KAB SEMARANG
  • SMAN 1 Bringin Jujur, Berprestasi, Bisa, Asri,Trampil,Mandiri. Bergabunglah Bersama Kami

Pembuatan Pupuk Kompos Dari Limbah Lingkungan Sekolah

Kamis, 22 Februari 2024, merupakan hari ke empat SMAN1 Bringin melaksanaka projek P5. Di hari ke empat ini, projek untuk kelas X adalah membuat pupuk kompos dari bahan limbah daun dan aneka sayur yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah. Membuat kompos dari limbah daun merupakan  cara yang efektif untuk mendaur ulang material organik dan menghasilkan pupuk alami yang berguna bagi kebun atau tanaman yang ada di sekitar sekolah.

Adapun langkah-langkah untuk membuat kompos dari limbah daun adalah sebagai berikut:

  1. Kumpulkan limbah daun: Mulailah dengan mengumpulkan daun-daun yang jatuh dari pohon atau tanaman di sekitar Anda. Pastikan daun-daun tersebut bersih dari bahan-bahan asing seperti plastik atau kotoran hewan.

  2. Hancurkan daun: Jika memungkinkan, hancurkan atau potong daun-daun tersebut menjadi potongan kecil. Hal ini akan membantu mempercepat proses dekomposisi.

  3. Pilih tempat kompos: Pilihlah lokasi yang sesuai untuk membuat tumpukan kompos. Tempat yang baik adalah area yang terlindungi tetapi tetap memiliki akses udara yang cukup. Anda dapat menggunakan keranjang kompos, tumpukan terbuka, atau bahkan bak kompos.

  4. Tambahkan bahan tambahan: Selain daun-daun, tambahkan bahan tambahan seperti sisa-sisa sayuran dan buah-buahan yang tidak terpakai, serasah, potongan rumput, dan bahan organik lainnya. Ini akan memperkaya kompos dengan berbagai nutrisi.

  5. Campurkan bahan: Untuk mempercepat proses dekomposisi, campurkan bahan-bahan secara teratur. Pastikan untuk menjaga keseimbangan antara bahan basah (seperti daun hijau segar) dan bahan kering (seperti daun kering dan jerami) serta memberikan ventilasi yang cukup.

  6. Jaga kelembaban: Pastikan tumpukan kompos tetap lembab tetapi tidak terlalu basah. Jika tumpukan terlalu kering, tambahkan sedikit air; jika terlalu basah, tambahkan bahan kering seperti jerami atau serasah.

  7. Biarkan alam bekerja: Biarkan mikroorganisme dan cacing tanah melakukan pekerjaan mereka dalam mendekomposisi bahan organik. Proses ini bisa memakan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan tergantung pada kondisi kompos dan bahan yang digunakan.

  8. Aduk secara berkala: Aduk tumpukan kompos secara berkala untuk memastikan bahwa dekomposisi terjadi secara merata dan untuk meningkatkan sirkulasi udara di dalamnya.

  9. Tunggu hingga matang: Kompos akan siap digunakan ketika bahan-bahannya telah terurai sepenuhnya dan menjadi bahan yang gelap, berbau tanah, dan memiliki tekstur yang seragam.

  10. Gunakan kompos: Setelah kompos matang, Anda dapat menggunakannya sebagai pupuk organik untuk memperkaya tanah pot atau kebun Anda, menyediakan nutrisi bagi tanaman Anda, dan meningkatkan struktur tanah.

Nah dengan mengikuti langkah-langkah tersebut siswa dapat membuat kompos yang efisien dari limbah daun dan mengurangi limbah organik yang masuk ke tempat pembuangan sampah disekolah, sehingga lingkungan sekolah akan menjadi lebih asri, bersih dan subur.

 

   

 

 

 
 
 

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila "Intrepeneur With Digital Marketing".

Selasa 14 Mei 2024 kegiatan Intrepeneur Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memasuki hari ke 7, pada kegiatan ini diadakan workshop tentang  Intrepeneur With Digital Marketin

17/05/2024 11:37 WIB - Administrator
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila "Intrepeneur With Digital Marketing".

Selasa 14 Mei 2024 kegiatan Intrepeneur Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memasuki hari ke 7, pada kegiatan ini diadakan workshop tentang  Intrepeneur With Digital Marketin

17/05/2024 10:31 WIB - Administrator
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila "Motivasi Kreativitas Kuliner Langkah Maju Generasi Masa Kini".

Bringin, 6 Mei 2024 SMAN 1 Bringin mengadakan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang bertemakan kewirausahaan. Proyek Penguatan Profil Pel

17/05/2024 10:09 WIB - Administrator
UPACARA HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2024

Selasa, 2 Mei 2024 merupakan peringatan bersejarah bagi bangsa Indonesia. SMAN 1 Bringin mengadakan upacara bendera di lapangan upacara yang dipimpin oleh Tri Yuniarti Retno Kristyaning

02/05/2024 09:51 WIB - Administrator
Gelar Karya P5 Semester Genap Tahun 2023/2024 SMAN 1 Bringin

Pada hari Kamis, 29 Februari 2024, SMAN 1 Bringin menyelenggarakan kegiatan Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5. Kegiatan Gelar Karya P5 ini diikuti oleh selur

07/03/2024 10:17 WIB - Administrator